Saturday, May 15, 2010

Kuli Gendong Pasar Beringharjo



Pasar beringharjo sebuah pusat perbelanjaan tradisonal di pusat perkotaan Jogjakarta turut memberikan andil bagi mbakyu yang satu ini. Di bagian belakang pasar di lantai atas tepatnya, di mana sayur dan buah didistribusikan mbakyu-mbakyu ini turut ambil bagian. Menjadi kuli gendong adalah sebuah profesi yang bisa dibilang berat, bagaimana tidak, umumnya dilakukan oleh seorang laki-laki tapi kita bisa menemukannya di pasar ini. Dan tidak bisa dipungkiri dapat kita temukan di tempat lain.

Saya pernah melihat liputan sebuah televisi swasta yang meliput profesi ini. Beban barang bawaan yang digendong menggunakan tenggok dan perjalanan yang ditempuh dengan jalan kaki sampai ke rumah tujuan bukanlah hal yang mudah. Apalagi kondisi jalanan yang semakin ramai dan padat saat ini.

Umumnya mereka berasal dari luar kota seperti dari daerah kulon progo, profesi ini dijalani dengan sepenuh hati tanpa ada beban yang berarti. Pasar sudah biasa menjadi bagian dari hidupnya, termasuk untuk tempat merebahkan badan. Pekerjaan itu mereka nikmati, meskipun semakin renta, mereka tidak mau mengemis atau berpangku tangan pada anak-anaknya.

No comments:

Post a Comment