Saturday, April 27, 2013

Ketika MOBIL Anda Mati tiba-tiba

Terkadang sesuatu yang tak kita harapkan menjadi sebuah pelajaran yang cukup berarti bagi kita. Ini berawal di hari minggu ketika saya meluangkan waktu untuk pergi ke sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Alam sutera Tangerang bersama kakak saya dan teman. Siang itu sudah menjelang sore tepatnya jam tiga saya menuju sebuah mall untuk membeli sesuatu sekaligus mencari makan siang. Kondisi jalan menuju Mall tersendat macet, tidak biasanya hari minggu masih macet juga. Begitupun menuju tempat parkir di Mall tersebut. Mencari hampir setengah jam sendiri untuk memarkir mobil, alhasil dapat posisi di lantai paling atas gedung, yakni lantai 8 yang beratapkan langit.
Perut sudah keroncongan memaksa saya untuk bergegas turun ke bawah mencari makan. Hmm..kondisi Mall ramai sekali hari ini sampai parkir berujung ke luar gedung memakan badan jalan, pasalnya ada pengundian berhadiah mobil merci yang akan diumumkan hari itu. Berpetualang di mall pastinya waktu menjadi tak terasa sampai akhirnya baru sadar hari sudah malam dan perut menjadi lapar kembali.
Semua yang dibutuhkan sudah di tangan dan siap bergegas pulang. Saat sampai di tempat parkir kondisi sudah lengang dan kondisi lantai parkir masih basah dengan sisa hujan yang baru saja reda. Kunci sudah di tangan dan ketika mobil di buka anehnya kunci pintu sentral tak berfungsi membuka pintu yang lain. Waktu itu memang kunci remote tidak berfungsi dan harus membuka mobil dengan menggunakan kunci secara manual. Saya juga merasa aneh karena biasanya bisa, namun ketika kakak saya hendak menghidupkan mobil ternyata mobil tak hidup sama sekali. Berkali-kali diulang kemudian dicoba didorong ternyata juga tidak bisa. Dugaan awal adalah aki yang tidak beres.
Hmmm...pake acara mati segala ini.. posisi dibalkon gedung paling atas lagi, hujan pun masih turun rintik-rintik. Solusi pertama yang saya ambil adalah menelpon sopir kantor, karena kebetulan mobil yang saya bawa adalah fasilitas kantor. Saya pun mengikuti instruksinya by phone, yakni dengan menghidupkan klakson mobil dan ternyata klokson mati juga. Ini tandanya memang aki mobil harus diganti.
Waduh apes banget hari ini. Dan jalan keluar terakhir memang harus ganti aki. Sampai akhirnya teringat bahwa di mall ini juga menjual aki. Sedikit kelegaan mengalir... Kami berjalan kembali ke bawah dan mencari aki mobil yang sesuai, kami masih bingung soal aki dan mencoba meminta bantuan pelayan untuk membantu kami mengatasi permasalahan ini. Untuk memastikan kesesuaian aki kami kembali menuju ke atas tempat mobil kami parkir, melihat merk type dan spesifikasinya, kemudian kami kembali lagi ke bawah mencari yang sesuai dengan spesifikasi tadi.
Dan kabar buruknya aki yang sesuai stok sedang tidak ada. pelayan memberikan saran untuk menggunakan aki lain dan mengakalinya. Tanpa pikir panjang kami mengambil alternatif itu karena mall juga sudah mau tutup. Kami naik kembali ke atas lagi menuju ke mobil dengan aki baru tapi masih harus diakalin. Hm.. kebelet lagi pengen buang air kecil, saya ke bawah lagi mencari toilet dan sekaligus mencari minum untuk kami bertiga dan pelayan toko yang membantu kami. Saya naik kembali ke atas dan pelayan masih mencoba mengakali aki mobil. Perut keroncongan dan sepertinya mobil masih lama, jam sudah menunjukkan pukul 9 malam lebih. Perut keroncongan lagi belum sempat terisi dan akhirnya saya harus ke bawah lagi menuju foodcourt. Bolak-balik ke atas ke bawah tak terhitung gara-gara aki mobil.. itung-itung olah raga malam di mall. Cape deh..... *ngelap keringat di dahi
Sampai di atas aki sudah mulai dipasang dan selesai. Saya membaca doa komat-kamit semoga berhasil. Dan akhirnya mobil menyala... huraiiiiiii... Akhirnya...rasanya berasa melayang dari atas gedung pencakar langit di malam hari dan diterpa angin yang menghalau semua aura negatif dalam tubuh. Halah..lebai...
Kami pulang dengan perasaan lega tak terkira. Hari ini kami dapat pengalaman yang berharga meski sedikit membuat panik. Terus terang saya masih awam soal teknis mobil, hanya bisa memakainya saja itu pun belum lama bisa. Akhirnya saya dibuat mengerti dengan melewati kejadian seperti ini. Permasalahan aki mati ini bisa terjadi karena konsleting atau ada satu bagisan yang belum dimatikan. Bisa jadi aki sudah lama.
Solusi lain jika kita tak bawa stok uang banyak adalah dengan mencari taksi dan meminta bantuannya untuk memancing aki mobil kita agar hidup kembali. Biasanya sopir taksi punya alat berupa penghubung yang bisa menghubungkan arus untuk memancing aki mobil agar bisa hidup. Istilah yang sering di sebut adalah "nge-jam". Cukup dengan uang seratus ribu sebagai upah sopir taksi dibandingkan jika anda harus membeli aki paling tidak akan keluar biaya di atas 500 ribu.
Nah begitulah cerita saya di hari minggu, cukup tegang tapi bernilai. Kalau tidak terjadi seperti ini mungkin saya juga akan tidak tahu. Untungnya lagi saya pas tidak jalan sendiri, masih bisa berbagi dan mencari solusi sehingga stress tidak menjadi beban sendiri. Ok selalu cek kendaraan pribadi anda agar nyaman dalam berkendara.

No comments:

Post a Comment