Monday, April 29, 2013

Menyantap KUPAT TAHU Magelang

Siang ini tak begitu terik, angin di selatan Jakarta sedikit bersahabat. Saat melintas dari Bambu apus ingin menuju pulang kembali ke kantor sebelum masuk pintu tol saya menjumpai beberapa gerai makanan di sisi kiri jalan, salah satunya adalah Kupat Tahu Magelang AA. Berhubung perut sudah keroncongan maka tak ada salahnya saya mampir dulu untuk makan. Mencoba menu yang berbeda sekaligus merasakan atmosfir Jawa di Jakarta. Nama AA mungkin diambil dari nomor plat kendaraan Magelang dan sekitarnya.
Menu yang satu ini memang tidak terlalu berat. Menu kupat tahu sendiri bahan utamanya adalah kupat, yakni beras yang dibungkus dalam kupat atau anyaman daun kelapa kemudian dikukus/direbus sampai menjadi nasi, hampir sama dengan lontong hanya saja lontong bungkusnya dari daun pisang. Campurannya sendiri adalah bakwan goreng yang diiris-iris, tahu goreng, daun kol, toge ditambah kuah kacang dengan tambahan bawang putih dan kerupuk. Rasa bawang sebagai bumbu utama akan terasa pada kuahnya yang tidak terlalu kental dengan bumbu kacang yang tidak terlalu mendominasi. Jika anda pesan menu spesial akan ada tambahan telu dadar iris. Selain menu kupat tahu ada menu pecel yang disajikan dengan telur atau ayam. Pecel yang disajikan mirip dengan pecel madiun hanya saja pecel Jawa tidak ada tambahan serundeng-kelapa parut yang digoreng red-.
Bagi anda yang menyukai kupat tahu khususnya bagi orang Magelang dan sekitarnya tidak susah menemukan warung ini. Ada beberpa titik yang bisa kita jumpai selain di daerah Bambu apus, warung kupat tahu AA juga hadir di Jl. Viktor BSD Serpong, setelah pintu keluar tol BSD menuju Puspitek Serpong, kemudian di daerah Palmerah menuju ke arah Pejompongan, dan disebelah tower telkomsel Jalan TB Simatupang setelah Taman Jajan Babe. Mungkin masih ada di tempat yang lain karena warung ini semacam franchise yang punya banyak cabang. Ada salah satu poster terpampang yang saya baca di tembok warung tersebut adalah Kupat tahu AA menuju Mekkah. Bisa jadi cabang yang dibuka akan sampai Mekkah atau memang sudah buka di sana saat ini. Soal harga relatif terjangkau, untuk satu menu tidak sampai dua puluh ribu.
Selamat berwisata kuliner.

No comments:

Post a Comment