Saturday, April 28, 2012

SEJENAK di BANARAN

Waktu menunjukkan pukul tiga sore, saya dan partner memutuskan untuk kembali ke Jogja dengan harapan sampai di Jogja tidak terlalu larut. Hari ini begitu terik tak sedikitpun mendung melintas di atas bumi Semarang ini, tapi tugas hari ini cukup berjalan lancar. Perjalanan dari Semarang menuju Jogjakarta awalnya cukup berjalan lancar namun setelah bawen menuju Ambarawa perjalanan cukup tersendat.
Cukup lama perjalanan tersendat, sampai pada sebuah perkebunan kopi di samping kanan jalan ada sebuah papan yang menunjukakan bahwa 100 m lagi ada sebuah cafe. Ya..akhirnya untuk melepas lelah dan menghindari kemacetan kami memutuskan untuk berhenti sejenak di Banaran Coffee and tea. Usut punya usut kemacetan disinyalir karena ada truck terguling. Medan yang cukup berat memang sering menyebabkan terjadinya kecelakaan.
Tempat yang cukup nyaman dan menyejukkan. Tepat di pinggir jalan Semarang menuju Jogjakarta. Kita bisa menikmati kopi asli yang ditanam di daerah tersebut. Jika anda tidak bisa menikmati kopi ada menu lain yang cukup khas yakni teh poci yang disajikan dengan gula batu. Sebagai teman minum, anda dapat memesan pisang goreng keju atau jamur goreng crispy. Kami larut dalam perbincangan sore itu dan akhirnya petang menjelang. Berangsur jalanan di depan cafe mulai lancar. Akhirnya kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Sore ini begitu lengkap bersama Banaran Coffee and tea sebagai pelepas lelah.
Tempat ini cukup menarik disinggahi apabila kita menyempatkan untuk bermalam. Wisata yang bisa kita nikmati adalah wisata perkebunan. Tak jauh dari sini kita bisa berkunjung ke museum kereta Ambarawa. Menyewa kereta uap dengan berkeliling di sekitar Ambarawa melewati banyak pemandangan yang mengasyikkan. Kemudian kita dapat melihat bagaimana proses pembuatan kopi secara langsung. Hotel dan resort setempat menyajikan fasilitas yang menarik. Suasana alam yang menenangkan dan menyejukkan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.
Semarang-Jogja, 18 April 2012

2 comments: