Tuesday, February 19, 2013

NIATkan untuk sebuah SOLUSI

Bangsa Indonesia dalam 10 tahun ke depan diperkirakan akan menjadi negara kaya. Semoga ini akan benar adanya. Diperkirakan tahun 2030 mendatang Bangsa ini akan mampu melampaui Inggris dan Jerman pada urutan ke tujuh. Bukan tidak mungkin waktu yang diperkirakan akan lebih cepat tercapai jika rakyat bisa melakukan terobosan-terobosan bagi bangsa sendiri maupun dunia. Nah bagaimana dengan Anda sendiri mempersiapkan diri Anda untuk masa depan Anda? Apakah Anda akan berbuat suatu hal untuk diri Anda sendiri, keluarga, teman, negara atau bahkan masyarakat dunia.
Kita tahu bagaimana Steve Job telah mewariskan sebuah teknologi yang bisa berdaya guna bagi masyarakt dunia. Sebuah perangkat teknologi mutakhir yang bisa membuat orang mampu menciptakan teknologi-teknologi baru. Penemuannya telah berkembang jauh dan menghasil penemuan-penemuan baru berikutnya. Sebuah bisnis yang dari awal tidak diniatkan untuk profit tapi ide awalnya adalah sebuah solusi.
Jadi untuk memulai bisnis maka yang harus diluruskan adalah NIAT. Itulah pola pikir yang harus dibangun oleh seoarang wirausaha, konsep ini diutarakan oleh Sandiaga Uno dalam Pesta Wirausaha pada awal Februari lalu. Beliau juga memaparkan prinsip dari Clifton Taulbert yang menekan pada sebuah solusi.
“Entreupreneurs understand that problems were opportunities and that if he could identify problems and find solutions for other people, he would prosper as well”.
Intinya adalah temukan masalah kemudian cari solusinya. Tekuni dan fokus terhadap satu pekerjaan yang menjadi tujuan utama untuk bisnis. Pada umumnya seseorang yang senang dengan pekerjaannya akan lebih fokus dan dengan sendirinya akan berdampak positif pada tercapainya hasil yang memuaskan. Bahkan mungkin kita tidak akan mengira rejeki akan datang lebih dari apa yang diperkirakan. Ini menyangkut dengan passion anda, kurang lebih kebanyakan orang mengatakan seperti itu. Ketika pekerjaan kita sesuai dengan passion kita maka uang akan datang dengan sendirinya.
Saat ini pangsa pasar di Indonesia sudah cukup menjanjikan jika anda ingin berwirausaha, tingkat ekonomi bangsa ini sudah mulai bergerak maju, sekitar 140 juta penduduknya sudah merupakan kalangan menengah ke atas. Jadi bisa dikatakan sudah 60% rakyat bangsa ini sudah makmur artinya bangsa Indonesia sudah masuk dalam negara berkembang. Pak Sandiaga Uno menyimpulkan bahwa mindsite yang harus dipegang untuk memulai usaha yang harus dijalankan adalah menyangkut pengetahuan, pengalaman dan kemampuan. Sekali lagi tujuan utamanya bukan uang.
Seorang wirausaha harus mampu berpikir jauh ke depan dengan mengedapakan prinsip-prinsip ;
- Kerja keras
- Kerja cerdas
- Kerja tuntas
- Kerja iklas
Keempat elemen tersebut menjadi ikhtiar yang wajib ada dalam diri seorang pengusaha besar. Setelah berusaha dan berdoa maka Allah akan memberikan yang terbaik atas usaha kita.
Salah satu contoh usaha yang memberikan sebuah solusi adalah jasa angkutan seperti di bawah ini. Usaha ini dapat dikembangkan dengan mengembangkan inovasi dalam memberikan kemudahan dan kepuasan bagi konsumen. Pengemasan dan pemberian jenis-jenis layanan dapat dikembangkan lebih jauh lagi. Saat ini sebagian masyarakat sudah tidak memperdulikan dengan tarif mahal jika kebutuhannya dapat terpenuhi dengan mudah, baik dan memuaskan.

No comments:

Post a Comment