Monday, February 25, 2013

Membangun USAHA kelas DUNIA

Postingan kali ini masih dengan topik wirausaha. Mohammad Nadji selaku CEO dan owner PT. Kelola Mina Laut memaparkan bagaimana menjadi pengusaha sukses kelas dunia. Masih dalam rangkaian acara pesta wirausaha yang digelar awal Februari lalu. Beliau banyak memaparkan ilmu dan pengalamannya sebagai seorang entreupheuner. Beliau mampu membangun perusahaan pengolahan seafood kelas dunia yang dibangun mulai dari nol. Jika Mochammad Nadji bisa, mengapa kita tidak? Semua manusia memiliki potensi termasuk menjadi seorang wirausahawan, yakni dengan memperhatika aspek-aspek berikut,
- Harus memiliki keberanian untuk memulai, walaupun dari nol
- Musuh utama adalah dari diri kita sendiri
- Berpikir SIMPLE (sederhana)
- Jangan mengatakan TIDAK BISA/TIDAK MUNGKIN
- Harus berpikir KEPEPET, DARURAT, MINORITAS
- Bukan MODAL, tetapi TRUST (kepercayaan) & KEBERANIAN
- Dimulai dari hal-hal kecil/SIMPLE
- Harus SERIUS & FOKUS
- Berani tampil BEDA & UNIK
- Jangan takut GAGAL
Point-point di atas adalah penting sebagai dasar Anda memulai usaha, seorang pengusaha pasti ada kegagalan, tapi justru kegagalan ini harus dijadikan motivasi untuk belajar dan bangkit lagi untuk membangun yang lebih besar lagi. Prinsip-prinsip berikut perlu dipegang teguh.
- Merintis berwirausaha identik dengan belajar naik sepeda
- Harus tahu dasar-dasar dan prinsip berbisnis yang professional
- Jangan terlalu banyak mengikuti seminar dan training wirausaha, yang terpenting harus PRAKTEK BISNIS
- Harus berani mencoba mulai dari bisnis yang kecil
- Harus terus dilatih (ditangani sendiri)
Agar mengetahui seluk beluk bisnis yang digeluti
- Jangan TAKUT GAGAL atau KURANG SUKSES dan harus dicoba lagi
Kita harus berani langsung praktek meskipun kadang dalam kondisi terdesak atau kepepet. Resiko dan hambatan pasti ada. Ini adalah bagian dari proses, memulai dengan sebuah bisnis yang kecil dan simple dengan tetap fokus dan menikmati prosesnya maka dengan sendirinya bisnis kita akan mampu berkembang dengan baik. Mungkin yang dimaksud dengan tidak sering mengikuti seminar bisa dipahami bahwa setiap bidang usaha memiliki kasus dan penyelesaian yang berbeda-beda, maka dengan adanya kesalahan atau kegagalan yang dihadapi bisa dijadikan pembelajaran dan pengalaman untuk memperbaiki system atau solusi dalam mengembangkan bisnis lebih jauh lagi. Seorang pengusaha harus mempunyai sifat-sifat berikut :
- VISI : Kemampuan melihat apa yang tidak dapat dilihat orang lain
- KEBERANIAN : Kemampuan bertindak walaupun ada keragua-raguan yang besar
- KREATIVITAS : Kemampuan berpikir lain dari kebanyakan orang
- TAHAN KRITIK : Tidak ada satu pun orang sukses yang tidak dikritik
- TIDAK CEPAT PUAS DIRI : Belajar menahan rasa puas diri jangka pendek dan lebih mengutamakan hasil jangka panjang yang lebih besar
Bisnis yang dibangun mulai dari nol akan melewati proses dengan tahapan sebagai berikut
1. JALAN
2. KONTINU
3. UNTUNG
4. TUMBUH
5. BERKEMBANG
Membangun bisnis dimulai dari nol harus bisa tetap focus dan kontinu meskipun proses yang dilewati bisa cukup panjang dan jatuh bangun untuk menjadi besar. Tapi dengan kondisi sesulit apa pun harus tetap dijalankan secara terus menerus. Mungkin ketika rasa jenuh bisa timbul dan keuntungan yang diperoleh tak kunjung meningkat memberikan stimulus untuk mengakhiri usaha yang telah dibangun dan kembali beralih ke usaha baru yang lain. Saat perusahaan meraih keuntungan yang cukup bagus maka hendaknya dapat digunakan sebagai modal untuk berinvestasi kembali dengan mengembangkan melalui inovasi-inovasi bisnis yang baru.
Strategi-strategi untuk bisa membangun usaha kelas dunia adalah dengan memperhatikan faktor-faktor berikut :
1. Harus FOKUS
2. Harus ada DIFERENSIASI (produk, modal bisnis)
3. Produk bernilai tambah (Value added)
4. Bisnis Jaringan (Networking, franchising)
5. Penerapan BENCHMARKING
6. BRANDING yang cukup kuat dan penguasaan channel distribution
7. PARTNERSHIP (kemitraan, JV)
8. Pertumbuhan ANORGANIK (Merger, akuisisi)
9. Outsourcing
10. Penguasaan sumber bahan baku
11. Penguasaan PASAR dan CAPTIVE MARKET
12. Produk yang UNIK, BERBEDA, dan SULIT DITIRU
13. Produk KHUSUS & PIONER
14. Pelayanan yang baik dan mengesankan (service excellence)
15. Produk berbiaya rendah (Low Cost Product)
16. Produk yang mempunyai life time (lama/tidak cepat using)
17. Produk yang DIPATENKAN
18. Selalu mengikuti perkembangan pasar dan selera konsumen (inovasi baru)
Kesuluruhan hal di atas harus bisa berkesinambungan dan dilaksanakan secara menyeluruh dan optimal. Kondisi ini diharapkan dimiliki oleh seluru partner dan karyawan yang kompak sehingga tujuan dapat terealisasi dengan cepat.
Salah satu usaha kelas dunia yang bisa dicontoh adalah Seven Eleven. Usaha ini hadir ditengah-tengah antara minimarket dengan kafe yang membidik pasar anak muda dengan harga yang terjangkau. Inovasi baru dalam berbisnis ini patut dicontoh, Seven Eleven memberikan solusi bagi kaum muda khususnya yang memberikan pelayanan cukup berkelas tapi tidak menguras kantong. Pelanggan cukup memilih minuman dan makanan yang diinginkan dengan cepat dan menyajikan sendiri sambil melakukan browsing internet gratis atau konkow-konkow dengan teman-teman. Konsep-konsep baru seperti ini yang perlu diciptakan untuk meraih pasar yang baik.
Sekarang semua ada ditangan anda, bagaimana dengan jalan Anda ke depan adalah pilihan Anda sendiri. Maka anda harus mempunyai mimpi, kemudian rencanakan usaha-usaha Anda dan jalankan untuk meraih mimpi tersebut.
“Orang besar mempunyai impian BESAR sedangkan orang kecil mempunyai IMPIAN KECIL”
Kalau anda mau berubah maka ubahlah ukuran impian anda. Jadi jangan ragu untuk bermimpi untuk pencapaian-pencapaian luar biasa. Dari mimpi akan menumbuhkan motivasi dan semangat untuk action. Namun banyak orang berani bermimpi, tapi hanya 30% yang berani mencoba.
Mohammad Nadji memberikan ungkapan mengenai jatidiri seorang pengusaha bahwa,
Para wirausaha tidak melakukan hal-hal yang berbeda, tetapi mereka melakukan hal-hal biasa dengan cara yang berbeda Para wirausaha tidak melakukan hal-hal yang istimewa, tetapi mereka melakukan hal-hal biasa secara istimewa
Filosofi yang harus anda pegang adalah Jika anda lahir dalam kondisi miskin, jangan salahkan siapa-siapa Jika anda mati dalam kondisi miskin, salahkan diri anda sendiri
Jika anda galau dan banyak ide kemudian ingin wujudkannya menjadi sebuah bisnis makan wujudkanlah, mulai praktek dengan menerapkan strategi-strategi yang telah dipaparkan di atas, selanjutnya Anda harus belajar sendiri dengan proses yang anda lewati. Bisnis yang sudah menjadi besar dan mendunia bukan tidak mungkin berawal dari sebuah mimpi dan keberanian untuk mewujudkannya.
Jakarta, Feb 26, 2013

No comments:

Post a Comment