Saturday, April 20, 2013

STAY COOL at MONKEY FOREST

Hewan apa yang menurut anda lucu atau menakutkan? Bagaimana dengan monyet? Ingin bercengkerama langsung dengan mereka?
Saya punya tempat rekomendasi yang asyik untuk bermain dengan monyet-monyet. Menurut saya wisata ini menyenangkan sekaligus cukup ekstrim, karena kita harus selalu waspada dengan monyet-monyet tersebut. Siapkan keberanian Anda untuk datang ke Monkey Forest di Ubud Bali.
Gerbang menuju kawasan Sacred Monkey Forest Sanctuary
Populasi monyet yang berada di Desa Pekraman Padangtegal Ubud ini merupakan Kera ekor panjang yang jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hutan sebagai habitat kera ini merupakan hutan suci bagi masyarakat Bali. Saya melihat berbagai macam jenis tumbuhan yang menjulang tinggi dengan akar-akarnya yang menggantung dan punya diameter batang yang cukup tebal. Menunjukkan bahwa hutan ini sudah berumur ratusan tahun. Di dalamnya terdapat Pura Dalem Agung yang cukup luas. Saya terus berjalan melewati jalan-jalan setapak di antara rindangnya pepohonan sambil terus berjaga dari monyet-monyet yang sewaktu-waktu bisa menyergap. Cukup menegangkan bagi saya tapi asyik menikmati hutan yang rindang dan sejuk ini. Hutan ini memiliki lebih dari 100 spesies tanaman yang salah satu diantaranya merupakan tanaman suci bagi umat Hindu di Bali dan biasanya menjadi bagian dari rangakain upacara peribadatan mereka.
Memasuki kawasan hutan
Sesaji di salah satu sudut hutan
Jembatan di antara akar pepohonan yang sudah berumur ratusan tahun
Pura Dalem Agung di dalam kawasan hutan
Anda bisa membaca tips dan peta untuk berpetualang di monkey forest yang cukup luas ini. Berikut adalah tips yang perlu anda tahu sebelum memasuki kawasan monkey forest
1. Mohon berhati-hati dengan barang bawaan anda seperti perhiasan, kacamata, tas plastik, botol, mainan anak-anak, dll (atau dititipkan di tempat pembelian tiket).
2. Jangan menyentuh, meraba atau mempermainkan monyet karena reaksi mereka yang tidak bisa diprediksi.
3. Jangan menyembunyikan makanan (pisang, roti, camilan, dll) karena monyet akan menemukannya walaupun disembunyikan atau disimpan di dalam tas anda.
4. Jika monyet menaiki anda jangan panik, lemparkan semua makanan dan berjalan perlahan menjauh.
5. Dilarang memberi kacang kepada monyet karena alasan kesehatan.
Salah satu pemandangan tingkah laku monyet
Di sela-sela Anda menikmati kawasan ini pasti ada yang berteriak di antara salah satu pengunjung, bukan tidak mungkin ini karena ulah si monyet. Di sisi lain kita bisa melihat tingkah laku monyet yang sangat lucu, misalnya duduk dengan santainya atau kebiasaan monyet yang saling mencari kutu dengan monyet yang lain. Satu lagi yang bisa anda lihat adalah kerukunan keluarga monyet ketika sang induk sedang menyusui anaknya dan yang lain menjaga di sampingnya, namun ada pula monyet-monyet yang saling bertengkar dan menimbulkan keributan yang cukup membuat kita harus terus berjaga.
Jalan setapak menuju pintu keluar kawasan monkey forest yang begitu indah
Setelah puas menjelajah kawasan hutan dan bercengkerama dengan monyet-monyet di dalamnya Anda bisa berbelanja oleh-oleh di sekitar Ubud. Salah satu yang bisa anda beli adalah kerajinan perak yang unik dan asli dari Ubud Bali.
Selamat berwisata....
Bali, 30/03/13

1 comment: