Saturday, March 21, 2015

Pesona DUSUN BAMBU

Pagi ini saya tebangun dengan udara yang segar. Udara yang dingin sedikit menusuk tulang berbeda dengan hari-hari biasanya. Ya.. saya sedang di Bandung sekarang. Weekend ini saya sempatkan berlibur lagi ke Bandung, karena exploring Bandung tak cukup hanya sehari dua hari jadi kembali langkah kaki saya mencoba melihat sisi lain Bandung. Selain tak jauh dari Jakarta, Bandung tak hanya menyajikan wisata belanja. Seakan tidak ada habisnya kota ini punya tempat-tempat yang asyik dikunjungi terutama pesona alamnya. 

Kali ini tujuan saya adalah ke Dusun Bambu. Terletak di daerah Lembang tepatnya di Jl. Kolonel Masturi Km. 11 Cisarua Bandung Anda bisa menempuhnya dalam 30 sampai 45 menit dari kota Bandung. Wisata ini dibuka belum lama tahun 2012 dan memiliki banyak spot menarik yang bisa kita nikmati.

Memasuki tempat ini kita disambut sebuah tugu besar yang terbuat dari bambu yang disusun mengerucut secara acak. Dari sini terdapat seatle yang mengantarkan kita ke atas di lokasi utamanya. Di seatle ini kita sudah disuguhkan pemandangan pematang sawah yang menghijau dan gubug-gubug yang artistik. 

Dengan mobil terbuka yang dibentuk secara menarik kami dibawa menuju ke gerbang utama. Di lokasi utama ni terdapat banyak spot yang bisa kita kunjungi. Pertama kita bisa berjalan menuju sangkar-sangkar raksasa yang dibangun di antar pohon-pohon besar. Sayangnya sangkar-sangkar ini tidak di buka. Dalam sangkar terdapat tempat untuk duduk dan meja. Setahu saya sangkar ini adalah restoran yang namun karena banyak nya pengunjung yang inigin melihat mungkin sangkar ini tidak dibuka.



Selanjutnya ada bangunan besar yang terletak di tengah. Namanya pasar katulistiwa. Nah ini adalah pusatnya kuliner Dusun Bambu. Segala macam makanan terutama makanan lokal tersedia seperti siomay Bandung, kerak telor, bakso, dll. Dalam bangunan ini juga terdapat pusat oleh-oleh khas Bandung. Yang menarik adalah interior di dalamnya yang sebagian besar adalah dari bambu terutama pada hiasan lampu-lampunya. Sistem membeli makanan di tempat ini adalah dengan membeli voucher berupa uang kertas khusus dari dusun bambu. 




Sambil menikmati makanan dan minuman kita bisa melihat pemandangan alam di luar yang indah. Ada kebun bunga yang penuh warna, di antara kebun-kebun ini ada sungai kecil yang mengalir di antara bebatuan. Kita bisa melihat lebih dekat bunga-bunga yang bermekaran atau duduk di sebuah gubug di pinggir sungai. Satu spot lagi yang tak kalah menarik ada di sebuah danau. Di danau ini ada beberapa wahana permainan yang bisa kita coba. Selain itu ada gubug-gubug yang berderetan di pinggirnya.. Kita bisa menyantap makan di gubug tersebut sambil menikmati alam Dusun Bambu. 




Dusun bambu tak hanya tempat untuk berwisata namun juga menyediakan penginapan, villa, tempat untuk camping, outbond dan banyak fasilitas yang lain. Udara yang segar serta pemandangan yang bersahabat membuat kita betah untuk berlama-lama. 

Cisarua-Lembang-Bandung, feb 2015

No comments:

Post a Comment